Pages

cara mendesain blog dengan baik dan benar

on Selasa, 14 Agustus 2012
Kali ini aku pengen share tentang bagaimana menjadi blogger yang baik dalam mendesain dan memposting artikel.

Pertama masalah design , sebagai pegangan dalam men-design buatlah desain blog yang MENARIK, RINGAN, dan INFORMATIF.
Berikut akan aku beri tips tentang Mendesain Blog yang baik.



MENARIK
Buatlah desain semenarik mungkin agar para pengunjung tidak kabur gara-gara desain gak jelas, terlalu banyak warna.
Buatlah desain dengan komposisi warna HITAM, PUTIH, MERAH, KUNING, HIJAU, BIRU, atau warna yang mendekati itu. Dalam membuat desain blog, jangan membuat warna yang norak dan susah dibaca, jadi gunakan warna yang kontras agar teks dapat terbaca dengan sempurna.
Pilihlah font yang mudah terbaca, kalian boleh menggunakan Font Hias untuk Nama Blog kamu, untuk artikel dan judul artikel gunakan font standart sehingga mudah dibaca.
Kalian bisa menambah kode HTML untuk menghias blog kalian, tapi ingat, secukupnya saja, dan gunakan kode yang ringan.
RINGAN
Ingatlah, Pengunjung paling gak suka dengan hal yang namanya LOADING LAMA.
Pasanglah widget seperlunya, pesan saya jangan pasang widget yang berlebihan, karena akan berpengaruh terhadap loading halaman blog kalian.
Widget yang perlu dipasang adalah Label/Kategori, Search, Daftar isi, About me, followers. Cukup itu saja, tapi kalo mau nambah boleh, maksimal 3 widget lagi, supaya loading gak berat, misalnya buku tamu, tombol like facebook, atau twitter.
Bagi kalian yang barusaja bikin blog dan pengunjung masih sedikit, jangan terburu-buru pasang iklan di halaman blog kalian, karena iklan akan memperberat loading blog kalian.
Jika kalian menggunakan Background, gunakan image yang file sizenya kecil, kalian bisa edit file size menggunakan photoshop, photoscape atau program editor foto lainnya.
Jangan terlalu banyak pasang gambar pada halaman utama.
Cek loading blog anda disini
INFORMATIF
Yang sangat penting untuk diperhatikan adalah tersampaikannya informasi yang kita berikan kepada para pengunjung blog.
Agar para pengunjung mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan caranya adalah pasang widget search sehingga pengunjung bisa mencari yang mereka butuhkan dengan cara memasukkan kata kunci. Atau kalian bisa pasang widget label atau daftar isi.
Posting hal-hal yang sesuai dengan tema blog kalian.
Rajin rajinlah membuat artikel agar blog anda selalu update.

Diatas adalah sedikit tips dari saya dalam mendesain blog. Cukup perhatikan 3 Syarat diatas saya yakin pengunjung akan kembali lagi untuk menengok blog kita.

Sebagai blogger sejati, alangkah baiknya jika kita membuat artikel yang kita pikir dan kita tulis sendiri alias tidak COPY PASTE (COPAS), tetapi jika kalian tertarik dengan suatu artikel dan ingin posting ulang artikel tersebut, ijinlah kepada pemilik artikel tersebut, dan jangan lupa cantumkan link sumber artikel yang sudah kalian copas.

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam artikel ini, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.

Happy Blogging...

0 komentar:

Poskan Komentar